Mainan Kayu Edukatif - Sedia Alat Peraga Edukasi

Keranjang

Your Cart is Empty

Kembali ke Toko

Pelayanan Prima Untuk Mencapai Kepuasan Pelanggan

Pelayanan Prima Untuk Mencapai Kepuasan Pelanggan

Waktu masih duduk dibangku sekolah kejuruan, ada salah satu materi pelajaran yang masih saya ingat hingga sekarang yaitu pelajaran tentang pelayanan prima, salah satu materi pelajaran yang kelihatannya mudah dalam teori namun sulit saat dipraktekan, adakalanya sebagai penjual kita tidak mau repot melakukan hal – hal yang kelihatannya sepele, misalkan melayani pembeli yang ingin tukar barang atau melayani pembeli yang belanjanya cuma sedikit. Padahal kita semua sependapat bahwa pembeli adalah raja, sebagai sumber pemasukan dari penjualan produk kita.

Saat masih sekolah dulu, guru didepan kelas berbicara panjang lebar mengenai pelayanan prima, siswa hanya menyimak dengan baik, pikiran saya saat itu sebagai pelajar, sepertinya materi tidak begitu penting karena yang dicari hanya nilai bagus dan lulus dengan hasil maksimal, namun saat terjun kedalam dunia usaha seperti usaha mainan edukatif kayu yang saat ini saya jalani, ternyata ilmu yang diberikan guru saat itu terasa begitu penting.

Tulisan ini memang sengaja dibuat untuk melepas uneg-uneg, tentunya masih ada kaitannya dengan judul artikel ini, banyak yang sepakat bahwa pelayanan prima dapat menghasilkan kepuasan pelanggan, atau bahasa kerennya customer satisfaction namun biasanya ada beberapa penyedia barang / jasa yang karena terkendala birokrasi perusahaan yang ribet atau istilahnya enggak mau repot, jadilah kepuasan pelanggan diabaikan. Padahal customer satisfaction merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang bisa mengakibatkan terjadinya repeat order dan jadi langganan tetap.

Salah satu pelayanan yang kurang memuaskan yang saya alami adalah saat berbelanja di marketplace, saya sendiri sedang membutuhkan label dengan ukuran sebesar label nama di kartu undangan yang akan digunakan untuk memberi barcode dan harga pada produk saya di gudang, flashback, beberapa waktu sebelumnya saya sudah pernah berbelanja ditoko ini dan kecepatan pengiriman tokonya sangat baik, maka saya memutuskan untuk repeat order tanpa melihat lagi harga di toko lainnya.

Pada pesanan kedua ini lah yang saya rasa pihak toko tidak melakukan pelayanan prima, karena terburu-buru saat klik pesanan di aplikasi marketplace, saya salah pilih kode produk, label yang ingin dibeli kode 103, namun yang diklik kode 105, karena harga sama dan tanpa melihat lagi orderannya maka saya lakukan pembayaran, seperti pesanan sebelumnya, pengiriman sangat cepat, H+2 barang sudah sampai.

Saat barang dibuka, barulah sadar bahwa yang saya pesan salah setelah melihat kembali daftar transaksinya, kemudian inisiatif menghubungi penjual via chat diaplikasi, saya mengaku saya yang salah pilih produk dan minta ditukar karena harga sama, nantinya biaya kirim penukaran saya yang tanggung semua. Namun penjual memberi tanggapan yang kurang menyenangkan, katanya barang tidak bisa ditukar karena mereka sudah mengirimkan sesuai pesanan.

Saya mencoba menjelaskan bahwa yang dikirim ini tidak saya gunakan sedangkan saya beli cukup banyak, apakah tidak ada kebijakan penukaran, mereka jawab hak mereka untuk menolak. Setelah itu saya coba juga untuk komunikasi via WhatsApp, namun bukannya mendapatkan jawaban yang menyenangkan, malah nomor WhatsApp saya di blokir oleh penjual. Dibawah ini adalah screenshoot percakapan kami.

Screenshoot pesanan di aplikasi marketplace dan di WhatsApp

Memang betul, menolak penukaran barang adalah hak penjual, namun disini pelayanan prima diabaikan oleh toko, otomatis saya yang tadinya mau rutin berbelanja jadi mencari supplier lain, tidak akan belanja lagi ditempat ini karena kecewa, mungkin menurut toko hanya satu orang yang tidak belanja lagi tidak masalah, tapi jika pelayanan prima nya sudah tidak diterapkan dengan baik akan berapa banyak toko kehilangan pelanggan?

Selama saya bergelut didunia usaha mainan kayu edukatif, selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, ada pemesan yang barangnya rusak karena pengiriman, saya selalu minta dikirim balik dan diganti dengan yang baru, ada yang mengeluhkan dia salah pesan, saya minta dikirim balik, jika stok tidak ada pastinya akan dikembalikan dana nya sesuai kesepakatan bersama tentunya. Pelayanan prima inilah yang mengantarkan Kayu Seru bisa tetap berdiri hingga saat ini.

Apabila kepuasan pelanggan terpenuhi biasanya pelanggan sangat jarang melihat kompetisi harga diluar, karena sudah sangat senang dengan pelayanan yang didapat ditempat kita, pelanggan pasti akan kembali lagi untuk berbelanja.

Saya berbagi kisah diatas melalui tulisan ini bukan berniat untuk menjelekkan toko manapun, semoga kita bisa sama-sama memetik hikmah dari tulisan diatas.

Produk -Produk Terlaris

  • Kereta Bentuk Geometri

    Rp 78.750

    Cara main bisa disesuaikan dengan bagaimana orangtua mengajarkan kepada anak, bisa main menyusun bentuk nya dengan cara memasukkan ke tiang yang sesuai dengan jumlah lubang pada geometrinya, susunan tumpukkan bisa sambil menyebutkan warna yang ingin disusun, bisa juga sambil belajar berhitung dasar, hitung jumlah tiangnya.

    Beli Sekarang
  • Paket Puzzle Murah isi 6

    Rp 100.000

    Kini memberi mainan edukatif untuk anak tidak lagi terkendala harga, karena kami memberikan produk dengan kualitas baik dan harga yang sangat bersahabat, satu paket puzzle ini terdiri dari enam buah puzzle, silakan tentukan pilihan anda pada menu pilihan produk saat ingin membeli produk ini.

    Tentukan Pilihan
  • Balok Hijaiyah

    Rp 112.500

    Balok hijaiyah kayu ini terbuat dari kayu pinus, dalam satu set terdiri dari 30 buah kubus yang setiap sisinya disablon huruf hijaiyah yang sama namun dengan harokat berbeda jadi materi belajar hijaiyah nya semakin lengkap. satu set produk sudah termasuk kotak kayu penyimpanannya, produk kami sudah sesuai dengan standar SNI.

    Produk terbuat dari bahan baku antara lain :

    • MDF Board sebagai tutup kotak
    • Kayu pinus pilihan
    • Huruf hijaiyah dibuat dengan cara disablon

    Dengan produk balok iqro ini diharapkan anak akan lebih mudah menghapal huruf-huruf hijaiyah dengan cepat.

    Beli Sekarang
  • Puzzle Hijaiyah

    Rp 20.000

    Puzzle Hijaiyah

    Produk ini sudah SNI, bahan baku pembuatan produk ini :

    • MDF Board
    • Lem Kayu

    Dalam situs ini juga ada artikel tentang pembuatan puzzle stiker

    Beli Sekarang
  • [Best Seller] Aneka Puzzle Dapat 3 Pcs

    Rp 65.000

    Aneka Puzzle Kayu Seru

    Bayar lebih sedikit dapat lebih banyak, Dengan harga yang sangat murah, dan ekonomis, kualitas puzzle Kami sangat baik, aneka puzzle Kayu Seru adalah produk yang sangat laris (Best Seller)

    Silakan pilih puzzle yang Anda inginkan. Puzzle Kami sudah standar SNI,

    Bahan baku pembuat puzzle adalah

    • MDF Board / Triplek
    • Artpaper dilaminasi Glossy
    • Lem Kayu

    Dalam web ini ada artikel tentang  Cara Membuat Puzzle 

    Mainan ini juga sudah standar SNI

    Silakan memilih puzzle yang ingin Anda beli, pada pilihan dibawha ini. untuk mengetahui nama puzzle pada gambar disamping, klik Gambar, akan muncul nama puzzle sesuai gambar.

    Tentukan Pilihan
  • Puzzle Belajar Angka

    Rp 16.000

    Puzzle belajar angka dan simbol ini masuk dalam kategori puzzle stiker, namun seluruh bagian produk didominasi kayu, stiker hanya pada bagian gambar saja, untuk lebih jelas mengenai jenis puzzle stiker ini, anda bisa membaca tulisan kami tentang CARA MEMBUAT PUZZLE

    Selain model ini, disitus ini anda juga bisa menemuikan puzzle model lain, serta aneka ragam mainan kayu edukatif yang bermanfaat untuk tumbuh kembang kecerdasan anak anda.

    Beli Sekarang
  • Puzzle Aneka Buah Kayu Seru

    Rp 16.000

    Hadirkan keseruan dirumah Anda bersama buah hati dengan main puzzle buatan Kami

    Bahan baku pembuat puzzle :

    • MDF Board
    • Stiker Art Papper 150 gram dilaminasi glossy
    • Lem Kayu
    Beli Sekarang
  • Kotak Bentuk 5 Tray

    Rp 75.000

    Mainan Edukatif Kotak Bentuk 5 Tray

    Terbuat dari :

    • MDF Board
    • Cat non toxic
    • Kayu Pinus

    Mainan ini sudah standard SNI

    Beli Sekarang
  • Puzzle Jam Besar

    Rp 45.000

    Mainan Edukatif Puzzle Jam Besar

    Mainan ini terbuat dari :

    • MDF Board
    • Art Paper dilaminasi glossy
    • Lem Kayu

    Mainan ini sudah bersertifikat SNI lho…

    Dalam situs ini ada artikel tentang CARA MEMBAT PUZZLE

    Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WhatsApp