cara menjual produk

Bagaimana Cara Menjual Produk Agar Bernilai Jual Tinggi

Bagaimana Cara Menjual Produk Agar Bernilai Jual Tinggi

Sebagai pelaku usaha, kita dituntut untuk menciptakan produk, tantangannya tidak hanya sampai bisa menciptakan produk saja, tentunya harus bisa dijual, agar perputaran modal usaha bisa stabil, serta mendapat keuntungan dari penjualan produk yang kita buat. lalu, bagaimana cara menjual produk agar memiliki nilai jual tinggi? ada banyak cara yang mungkin bisa kita temukan diinternet, dalam tulisan ini akan dibahas salah satunya saja.

Coba kita perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini,

bagaimana cara menjual produk - Bagaimana Cara Menjual Produk Agar Bernilai Jual Tinggi

Misalkan kita sebagai penjual buah semangka, bisa menjual satu buah dengan harga Rp. 50.000,-. Tentu kita masih bisa menjual dengan lebih mahal lagi dengan cara kita potong – potong dari satu buah semangka menjadi 30 potong semangka kecil – kecil dijual dengan harga Rp. 2.000 per potong nya, kita bisa mendapatkan uang Rp. 60.000, sampai disini sudah ada selisih Rp. 10.000 dibanding kita jual semangka bulat. Sekarang coba kita buat jus semangka, satu gelas jus semangka dijual Rp. 10.000,- sedangkan satu buah semangka bulat bisa menghasilkan sekitar 10 – 15 gelas. kita ambil yang terendah yaitu 10 gelas, total minimal yang didapat jadi Rp. 100.000,-. Jadi lebih untung bukan? yang dijual sama – sama semangka tapi uang yang dihasilkan berbeda karena kita bisa memanfaatkan bagaimana mengemas cara menjual produk tersebut

Jika kita lebih inovatif mengolah produk, maka produk yang dihasilkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. pada ilustrasi diatas, ada kemungkinan bisa kita jual lebih mahal, dengan cara menjual apa fungsi dari produk yang dijual dan bisa meyakini calon pembeli bahwa produk yang kita tawarkan berguna untuknya. Misal kita membuat jus semangka, kita namakan obat alami, dan dijual dengan disertakan edukasi ke pembeli apa saja manfaatnya, seperti bisa menurunkan tekanan darah, bisa mencegah kolesterol dan lain sebagainya, pastinya harga Rp. 50.000 segelas pun akan dibeli orang. (Baca juga artikel kami tentang differensiasi produk atau low cost)

Jadi selain bagaimana cara kita menciptakan produknya kita juga harus memerhatikan bagaimana cara menjual produk nya. Untuk usaha yang kami geluti yaitu produsen mainan edukasi, kami juga memperhatikan terkait hal seperti ilustrasi diatas, hanya saja produk yang kami hasilkan mainan edukasi kayu. Secara garis besar mungkin seperti dibawah

  • Harga kayu per kubik sekitar 3-4 jutaan
  • Kami buat berbagai model mainan, dalam 1 kubik kayu bisa menghasilkan paling sedikit mainan bernilai enam juta dalam rupiah.
  • Kami kemas dan jual dengan konsep edukasi dengan storytelling sehingga bisa mendapatkan nilai jual yang lebih lagi.

Harga jual yang lebih tinggi tentu biaya yang dikeluarkan untuk produksi juga lebih tinggi, untuk membuat jus semangka kita siapkan blender, ada biaya listrik dan kemasan juga, namun tetap lebih besar keuntungannya jika dibandingkan kita jual satu buah semangka bulat.

Sedikit simpulan kita harus lebih kreatif, lebih inovatif agar bisa menciptakan produk yang bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Oh iya, setelah baca tulisan ini, jangan lupa lihat – lihat koleksi produk mainan edukatif kami ya mungkin ada yang berminat bisa langsung saja dibeli online disitus ini.

Tinggalkan Balasan