arti kognitif - Mainan Edukatif Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mainan Edukatif Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mainan Edukatif Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Pernah dengar istilah kognitif?

Istilah kognitif berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti. Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf pada waktu manusia sedang berpikir (Gagne dalam Jamaris, 2006). Pengertian yang luasnya kognitif adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan (Neisser, 1976). Menurut para ahli jiwa aliran kognitifis, tingkah laku seseorang/anak itu senantiasa didasarkan pada kognisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu terjadi.

Semua hal yang menyangkut aktifitas otak, termasuk dalam kognitif, mulai dari mengingat, berfikir, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Seberapa besar tingkat kemampuan anak, sebesar itu lah kemampuan kognitif anak.

Kemampuan kognitif bisa ditingkatkan, selain diajarkan disekolah, bisa juga  melalui berbagai cara, salah satunya menggunakan mainan edukatif, (Baca Juga Ciri-ciri Mainan Edukatif), selain melibatkan kemampuan motorik maupun fisik, mainan edukatif juga melibatkan aktifitas otak anak, mainan edukatif yang melibatkan pikiran antara lain, Puzzle, Maze, Balok Kayu, Mengenal Bentuk, dan lain sebagainya

Kognitif memiliki enam jenjang yaitu :

  • Pengetahuan
  • Pemahaman
  • Penerapan
  • Analisis
  • Sintesis
  • Penilaian/Evaluasi

Dengan menggunakan mainan yang edukatif, keenam aspek jenjang diatas bisa dipenuhi. Yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai orangtua selalu melatih dan mengajari anak kita agar tumbuh menjadi anak yang cerdas.


Tinggalkan Balasan