Ciri – Ciri Mainan Edukatif

Pada artikel sebelumnya Kami membahas tentang cara memilih mainan yang tepat unruk anak, pada artikel kali ini, kami ingin membahas bagaimana mainan bisa disebut mainan edukatif, apa saja ciri mainan edukatif?

Tidak bisa dihindari, pada kenyataannya mainan adalah hal yang paling dibutuhkjan anak, karena mainan merupakan hiburan yang menyenangkan bagi anak, kita sebagai orangtua harus memberikan mainan yang menarik, disukai anak, dan yang paling penting ada nilai edukasi dari mainan tersebut.

Ciri utama mainan edukatif adalah mainan yang bersifat mendidik, karena arti kata edukatif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah bersifat mendidik atau berkenaan dengan pendidikan.

Menurut Badru Zaman, dkk (2007: 63) alat permainan dapat dikategorikan sebagai alat permainan edukatif untuk anak jika memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Ditujukan untuk anak.
    Mainan edukatif untuk anak harus disesuaikan dari segi bentuk, dan fungsinya yang memang benar-benar ditujukan untuk anak-anak
  2. Berfungsi mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.
    Mainan edukatif harus mampu mengembagkan kecerdasan anak, keterampilan anak, mengembangkan motorik anak, mengembangkan pengkoordinasian antara bagian-bagian tubuh anak, melatih pengenalan warna, bentuk, dan area, melatih tingkat kreatifitas, dan lain-lain
  3. Dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk dan untuk bermacam tujuan aspek pengembangan atau bermanfaat multiguna.
    Mainan edukatif harus multifungsi, ada hal lain yang didapat, bukan hanya sekedar bermain saja. Mainan edukati tentu harus mudah untuk dimainkan anak, dengan cara si anak sendiri,
  4. Aman bagi anak.
    Untuk poin ini, anda bisa membaca artikel kami Tips Memilih Mainan Yang Aman
  5. Dirancang untuk mendorong aktivitas dan kreativitas.
    Bermain mainan edukatif akan mendorong aktifitas dan kreatifitas anak, seperti menyusun balok kayu, pasti anak akan membuat model rumah-rumahan atau model-model jembatan dan lain sebagainya.
  6. Bersifat konstruktif atau ada sesuatu yang dihasilkan.

Demikian penjelasan singkat Kami tentang ciri-ciri mainan edukatif, apabila ada pembaca yang ingin menambahkan atau sekedar mengkoreksi, jangan sungkan untuk memberitahu kami melalui email atau menulis dalam buku tamu Kami.

 

Deddy Sofyandi – Kayu Seru

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WhatsApp
Kirim WhatsApp