Pentingnya Melatih Motorik Anak

Menurut Wikipedia, gerakan motorik adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku gerakan yang dilakukan oleh tubuh manusia. Pengendalian motorik biasanya digunakan dalam bidang ilmu psikologi, fisiologi, neurofisiologi maupun olah raga. Pengendalian motorik mempelajari postur dan gerakan serta mekanisme yang menyebabkannya.

Gerakan motorik dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya :

  • Gerakan Refleks
  • Gerakan Motorik Kasar
  • Gerakan Motorik Halus

Ketika anak mampu melakukan suatu gerakan motorik, maka akan termotivasi untuk bergerak kepada motorik yang lebih luas lagi. Aktivitas fisiologis meningkat dengan tajam. Anak seakan-akan tidak mau berhenti melakukan aktivitas fisik, baik yang melibatkan motorik kasar maupun motorik halus. Pada saat mencapai kematangan untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas fisik yang ditandai dengan kesiapan dan motivasi yang tinggi dan seiring dengan hal tersebut, orang tua dan guru perlu memberikan berbagai kesempatan dan pengalaman yang dapat meningkatkan keterampilan motorik anak secara optimal. Peluang-peluang ini tidak saja berbentuk membiarkan anak melakukan kegiatan fisik akan tetapi perlu di dukung dengan berbagai fasilitas yang berguna bagi pengembangan keterampilan motorik kasar dan motorik halus.

Gerakan Refleks

Adalah pergerakan pada anak yang dilakukan berdasarkan respon dari saraf-saraf dan otot pada anatomi anak. biasanya gerakan refleks ini terjadi dikarenakan sesuatu yang memaksa saraf merespon rangsangan yang datang, sebagai contoh, ketika akan terjatuh, anak akan dengan cepat menggerakkan tangan dan kaki untuk menahan agar tidak terjatuh.

Gerakan Motorik Kasar

Adalah pergerakan motorik pada anak yang dilakukan berdasarkan sinkronisasi antara otak dan pergerakan tubuh. Sinkronisasi ini lebih mengutamakan keseimbangan sensor dan saraf penggerak pada tubuh si anak. Gerakan motorik kasar seperti berlari, melompat, melempar, jinjit, menggantung, memukul-mukul, mengayunkan tangan, merangkak, dll

Gerakan Motorik Halus

Adalah pergerakan motorik pada anak yang dilakukan berdasarkan sinkronisasi saraf antara otak, pergerakan anatomi tubuh dan imajinasi si anak, gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan, seperti menulis, menyusun balok-balok, menyusun puzzle, serta kegiatan-kegiatan yang mengkoordinasikan antara mata dan gerakan tangan.

Gerakan-gerakan motorik anak sangat penting untuk tumbuh kembangnya dimasa yang akan datang, maka dari itu sebagai orang tua, kita perlu melatih anak untuk meningkatkan kemampuan saraf motoriknya, selain dilatih di taman kanak-kanak, kita juga bisa mengajarkan dirumah, salah satunya dengan menggunakan media permainan edukatif, banyak mainan edukatif yang tersebar di berbagai pasar, salah satunya adalah mainan edukatif, jika Anda berminat untuk membeli mainan edukatif produk Kami, anda bisa klik DISINI

Produk mainan edukatif dengan standard tinggi dan sudah bersertifikat SNI

Sumber Foto : https://media.deseretdigital.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim WhatsApp
Kirim WhatsApp