Mencoba Jualan Online Dengan Blogspot – Memulai Bisnis (2)

Mencoba Jualan Online Dengan Blogspot – Memulai Bisnis (2)

Artikel sebelumnya seri memulai bisnis pertama dengan judul Gelar Lapak di Pasar Pagi Depok, bercerita tentang bagaimana awalnya Kayu Seru memulai bisnis dari pertemuan dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama sampai mencoba memberanikan diri menggelar lapak pertama kali, artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel gelar lapak tersebut, artikel ini diberi judul mencoba jualan online dengan blogspot, karena kami harus memutuskan bagaimana langkah pemasaran selanjutnya, maka jualan online adalah pilihan kami.

semua tim Kayu Seru yang ada saat itu (Deddy, Fathur, Faisal, Vero), tidak ada yang memiliki pengetahuan cukup tentang membuat website toko online / ecommerce, ingin membuat website toko online melalui jasa pembuatan website, namun terkendala dengan mahalnya harga yang ditawarkan dari beberapa penyedia jasa membuat website toko online aat itu. Sedangkan uang pinjaman untuk modal awal sudah dihabiskan untuk berbelanja produk mainan.

Dengan keterbatasan kemampuan tersebut, Deddy yang memang sebelumnya terbiasa dengan Blogspot (Layanan blog milik Google) mencoba membuat toko online sederhana menggunakan blogspot, cari-cari diinternet template yang cocok untuk jualan online dengan blogspot, ketemulah dengan template dengan nama Johny’s, template dengan tampilan yang menurut kami bagus untuk toko online dengan mnggunakan Blogspot.

Template Toko Online Pertama Kayu Seru Menggunakan Blogspot

template tersebut kemudian dimodifikasi oleh Deddy sesuai dengan kebutuhan Kayu Seru, setelah dirasa cukup bagus, mulailah Kami perkenalkan blog shop Kami, Kami menyadari bahwa blogspot bukanlah media yang baik untuk berjualan online, namun karena keterbatasan kemampuan teknologi tim Kayu Seru, maka blogspot merupakan satu-satunya pilihan untuk memperkenalkan produk yang Kami jual secara online.

Selama sekitar satu bulan kami mencona jualan online dengan blogspot, responnya cukup bagus, ada beberapa transaksi yang sukses walau semua dilakukan serba manual (tidak otomatis seperti website Kayu Seru saat ini), kemudian Kami memutuskan membeli domain sendiri, kembali lagi dengan pertimbangan masalah keuangan kami tetap menggunakan blogspot sebagai media untuk kontent web yang didirect ke nama domain Kami, Kami membeli domain dengan ekstensi .web.id, domain Kami pertama kali adalah www.kayuseru.web.id, domain tersebut saat ini sudah tidak dipakai lagi.

Sampai saat ini, blogspot yang pertama kali Kami buat masih ada, masih bisa diakses dengan nama kayuseru.blogspot.co.id namun sudah berganti template tampilannya kini menjadi blog seperti pada umumnya, hanya berisi informasi-informasi saja, tidak lagi untuk berjualan online, blog tersebut merupakan sejarah awal berdirinya toko online mainan kayu seru.

Pembuatan toko online untuk jualan online dengan blogspot merupakan sedikit langkah kecil yang Kami lakukan untuk memajukan Kayu Seru, dan dari langkah-langkah kecil tersebutlah Kayu Seru bisa menjadi seperti saat ini. Yang terpenting adalah berjalan terus melewati semua permasalahan yang dihadapi, karena kedepannya akan ada banyak masalah-masalah yang lebih berat yang akan dihadapi.

 

— BERSAMBUNG —


Produk Terbaru

2 thoughts on “Mencoba Jualan Online Dengan Blogspot – Memulai Bisnis (2)

Tinggalkan Balasan